Minggu, 26 Oktober 2014

Matematika Klasik

Saat sedang baca update di bbm ada temen yang pasang display picture seperti gambar di atas, hmm sebenarnya ini teka teki lama, tapi karena malam ini saya sedang senggang dan terlebih sedang iseng jadi saya coba coba cari tahu jawabannya.

Jika menggunakan logika biasa maka kita pasti akan kesulitan menjawabnya, sama seperti saya. hahaha. saya sempat mencoba coba beberapa kali namun tetap binggung kemana 1000 nya yang hilang tsb hingga akhirnya coba browsing untuk jawaban teka teki ini.

karena data yang saya punya gambar kan binggung gimana carinya kalau di search di google.
akhirnya saya ketik seperti ini : 49 rb + 49 rb = 98 rb
DONG! ternyata keluar hasil pencarian tsb sesuai dengan masalah matematika ini . hahaha

saya coba klik ke peringkat nomor 1 hasil pencarian :Cak Lontong ada pertanyaan yang ternyata link ke fb ILK ( Indonesia Lawak Klub -- program yang sedang populer di Trans 7 --).
disini ceritanya Cak Lontong memberikan pertanyaan yang sama seperti gambar di atas, banyak yang mencoba menjawabnya dengan caranya masing masing, banyak juga yang jadi emosi dan jawab sekena nya, lucu juga baca comment mereka, silakan cek sendiri.

Karena hasil jawaban dari beberapa komentar di fb fanspage ILK tidak memuaskan saya, karena menurut saya masih ada yang kurang clear,
misalkan jawaban yang seperti ini :
 hingga ke jawaban yang seperti ini
yap. intinya semuanya binggung. sama seperti saya (T_T).
link pertama tidak menyelesaikan masalah, tapi cukup membuka pikiran dan mulut (ketawa) akhirnya saya menuju ke Link ke dua yaitu : Beli Pizza - Kompasiana yang akhirnya mencerahkan saya,
kenapa? karena jawabannya terselesaikan
bagaimana bisa? karena yang menjawab adalah pengamat pendidikan yang gemar dengan Matematika

kamu bisa cari tahu dengan klik link tsb, tapi untuk mempermudah saya copas jawaban tsb disini :

Alternatif jawaban
Uang yang dipinjam dari si A = 50 ribu.
Uang yang dipinjam dari si B = 50 ribu.
Jadi, secara keseluruhan uang yang dipinjam adalah 100 ribu.
Harga pizza = 97 ribu.
Saldo uang = 3 ribu.
Dari saldo sebesar 3 ribu, kemudian diberikan kepada si A, si B, dan si pembeli pizza, masing-masing seribu.
Sehingga:
Uang yang dipinjam dari si A menjadi à 50 ribu – 1 ribu = 49 ribu
Uang yang dipinjam dari si B menjadi à 50 ribu – 1 ribu = 49 ribu
Jadi, secara keseluruhan sisa tanggungannya adalah 49 ribu + 49 ribu = 98 ribu.
Awalnya, uang yang dipinjam adalah 100 ribu (masing-masing 50 ribu).
Karena sudah dikembalikan 2 ribu (masing-masing 1 ribu),
Maka sisa pinjamannya adalah 100 ribu – 2 ribu = 98 ribu.
Secara ringkas, uraian uang yang dipinjam dan “angsurannya” adalah:
50 ribu + 50 ribu = 100 ribu
(50 ribu – 1 ribu) + (50 ribu – 1 ribu) = (100 ribu – 2 ribu)
(49 ribu) + (49 ribu) = (98 ribu)
98 ribu = 98 ribu
Dengan demikian, maka jumlah uang yang dipinjam bukan lagi 100 ribu, tetapi berubah menjadi 98 ribu.
Nah, karena harga pizza yang dibeli adalah 97 ribu, berarti masih ada saldo 1 ribu yang masih dibawa oleh pembeli pizza.
Jika dijumlahkan, (97 ribu + 1 ribu), maka diperoleh 98 ribu.
Jadi, dari pertanyaan di atas, yang perlu digarisbawahi adalah urutan dalam berpikir. Dengan demikian, TIDAK ADA UANG YANG HILANG.[ahf]
DONG ! JENG JENG ! Akhirnya saya sudah tahu jawabannya Wahahahaha. biar bisa sombong buat bagi bagiin teka teki ini juga ke temen temen. Muehehe.

Tulisan ini hanya sebagai jawaban dari rasa penasaran sesaat saya, semoga juga bisa membantu teman teman yang juga sedang mencari jawaban dari teka teki basi dan ngeselin satu ini.

Selamat pamer ke temen temen karena udah tahu jawabannya. Muehehe

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar