Senin, 17 Februari 2014

Open Trip Pulau Semak Daun

Hallo semua, sudah lama saya tidak menulis lagi di blog selain karena kesibukan kadang malas juga kalau moementnya gag pas. hehe.

Kali ini saya mau menceritakan Trip saya ke Pulau Semak Daun - salah satu pulau di kepualauan seribu.
Sebelumnya temen saya, Ferdi, dari Palembang ngajak pergi ke pulau seribu, karena trip ke pulau seribu biasanya hanya weekend (sabtu-minggu) bagi saya sih gag masalah hayuk aja. 2 orang yang sudah confirm ikut, dia bilang mau ngajak temannya yg lain di Palembang.dan dia juga yang mencari trip untuk kepulau seribu.

Akhirnya ditemukan trip ke pulau seribu tepatnya pulau Semak Daun, kita ikut open trip. biayanya seingat saya Rp 390,000 (tidak termasuk makan). tema trip ini backpacker dan kita buka tenda di Pulau Semak daun.
Pertama dapat konfrimasi itu kita sudah booked dan bayar DP, kami pikir untuk trip tsb termasuk mahal karena tidak dapat makan, sedangkan dibandingkan trip lain yg rata rata Rp. 350-450 ribu sudah termasuk makan. karena teman sudah beli tiket pp untuk Palembang - JKT dan juga kita sudah bayar dp yasudah kita tetap melanjutkan trip ini degan segala risikonya . hahaha.

H-1.
Teman saya dari Palembang datang dengan 2 temannya. malam itu kita beli snack dan makanan kecil untuk nanti saat kemah di pulau.
H.
Berangkat dari rumah jam 4.30 pagi karena meeting point di Muara Angke jam 6 pagi, lebih pagi datag lebih awal kan daripada telat dan gag kebagian tempat duduk yg pewe di kapal.
Pergi dari rumah kami sudah pesan taxi Blue Bird. waktu dari rumah saya di Utan Kayu ke Muara Angke sekitar 50 menit, tarif kurang lebih Rp 140,000

Hari Pertama, Sabtu 15 Feb 2014
Kapal berangkat sekitar jam 7 pagi, sampai pulau pramuka sekitar jam 11 siang, cuaca sedang tidak bersahabat sempat mendung dan hujan gerimis sehingga ombak nya lumayan besar.
Sesampainya dipulau pramuka kita istirahat sebentar di guess house dari agen perjalanannya, sholat Zuhur di mesjid yang lumayan besar disana dan makan siang dirumah makan padang . semuanya makan disini karena hanya ini yang menyajikan pilihan makan nasi, yang lainnya hanya ada bakso, mie dan cemilan cemilan saja.
Harga makanan disini gag jauh beda dengan di Jakarta, masih dalam batas kewajaran, karena takutnya karena ini di pulau harganya jadi beda 2x lipat, alhamdulillah ternyata masih sama. hehehe

Selesai istirahat dan beres beres kami langsung berangkat ke pulau Semak Daun menggunakan perahu boat kecil, sekitar 1 jam perjalanan dari Pulau Pramuka ke Pulau Semak Daun.
Sampai disana kami cukup excited karena pulaunya lumayan bagus dan unik, jadi ini adalah pulau kecil yang di bagian tengahnya seperti hutan kecil, nah dibagian ini kami mendirikan tenda, dari tempat kami berkemah kami tetap bisa melihat pantai dan laut.

Medirikan kemah, bawa cemilan dan peralatan snorkling pun sudah siap, selanjutnya kami hopping island untuk mencari spot spot snorkling.

Pengalaman pertama snorkling, meskipun ini bukan kali pertama coba alat snorkling tapi ini snorkling pertama di laut, ada rasa deg-deg-an dan penasaran, pertama masuk ke air langsung coba ngeliat kebawah, entah karena karet goggles nya kendor atau gag bisa nafas pake mulut, alhasil sepanjang pertama kali turun itu perjuangan banget buat nyelupin kepala ke dalam laut karena air nya masuk mulut / hidung melulu dan rasanya itu asin nya asin banget, kalah deh asinnya garam sekilo *lebay.

Kencengin karet goggles dan atur nafas, hu haa hu haa..
mulai beradaptasi dan mulai menikmati kegiatan snorkling ini, melihat dasar laut, ikan ikan dan terumbu karang. walau airnya kurang jernih dan jelas karena musim penghujan, dan ombak yg besar kadang buat kami susah ke dasar laut untuk melihat-lihat sekitar, tapi buat pengalaman pertama cukup ok dan memuaskan. sempat mencoba juga masuk sampai dasar laut, i'm so exicted.

Buat yang takut dan gag bisa berenang tenang aja koq, kan pakai pelampung, lagipula snorkling itu gampang asal kita bisa jaga nafas pakai mulut dan jaga nafas kita. hehe

Setelah snorkling di beberapa spot, kami melanjutkan perjalanan ke Nusa Resto, restaurant diatas laut, disini juga ada penangkaran hiu-hiu kecil.. sugoii !
Karena kami gag mungkin narsis sama hiu hiu disana, kami foto foto aja di penangkaran sekitar dan speedboat yang sedang parkir disana. hahaha

Sunset di kapal ketika melewati Pulau Aer, so beautiful. Sayangnya tidak sempat saya abadikan dalam foto. hiks.

Kegiatan snorkling berakhir dan kami pun kembali ke Pulau Semak Daun.
Untuk mandi disini dengan air bersih / air tawar kita harus membeli dulu,kecuali kalau kamu mau mandi pakai air laut, GRATIS. haha. Untungnya harga air tawar disini cukup murah hanya Rp. 5000,/ jerigen. cukuplah untuk satu kali mandi sama sikat gigi.

Selesai beberes dan bersih-bersih panitia dan peserta lain mulai membuat api unggun dan memasak. saya dan temen saya malah tidur ditenda, cape dan ngantuk jadi satu.

Dalam tenda 2x2 m di isi 4 orang, lumayanlah ya, bisa dibayangkan sendiri.
Dan dalam tidur, entah sadar atau tidak setelah seharian bermain di laut sama ombak, ombaknya masih terasa, badan sama kepala masih seperti terayun-ayun, udah kayak orang mabok, untungnya saya gag muntah muntah. hahaha

Tidur nyenyak dan cape nya sudah hilang.
Kondisi diluar gelap gulita, di pulau ini tidak ada listrik, kalau ingin charge hape sebaiknya bawa powerbank meskipun kamu bisa juga nitip charge hape di warung pemilik pulau tapi kalau tidak salah harus bayar deh. karena listrik mereka dihasilkan oleh Generator.

Menu malam hari ini ikan-ikan dan beberapa kerang yang kami dapat saat snorkling tadi, yang menjadi cemilan / makan malam utama kami adalah ikan tongkol. Jujur ini ikan tongkol terbesar yang pernah saya temui - karena ukurannya lebih besar dari yang biasanya ada di warteg. haha
Makan cuma satu bagian aja rasanya udah banyak banget, sampe males makan ikan lagi. hiks

Ngobrol, perkenalan satu sama lain, api unggun dan makan malam bersama sambil berkemah, nuansa yang tenang, nuansa yang ramai, nuansa malam keakraban, nuansa yang bisa bikin kangen kumpul kembali. sampai semuanya terlelap tidur.~

Hari Kedua, Minggu 16 Feb 2014
Bangun pagi di hari kedua, kegiatan kami hunting sunrise dan mengelilingi Pulau Semak Daun dan foto-foto, tetep aja dimanapun eksis foto terus. hahaha

Berkemas, sekitar jam 10 kami kembali ke Pulau Pramuka, sempat melihat penangkaran kura-kura yang ada dibelakang pulau. Pulau Pramuka adalah pulau penangkaran kura kura, ketika sudah besar akan dilepaskan kembali ke laut. so sweet ya. sayangnya orang yang jaga penangkarannya jutek banget. hahaha
Open trip Pulau Seribu kali ini pun berakhir, Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Nusa, Pulau Aer, masih ada sekitar 906 pulau lagi yang belum dikunjungi. Pulau Seribu. hahaha.

Sampai jumpa di cerita, foto dan trip berikutnya :)